11 MANFAAT SPIRULINA YANG PERLU ANDA KETAHUI

SPIRULINA

spirulina

Spirulina merupakan suatu ganggang berwarna biru kehijauan.
70% sel spirulina mengandung protein, kaya Vitamin dan mineral seperti Vitamin K, Potassium dan Panthotenic Acid ( B5 ), Thiamin ( B1 ), Riboflavin ( B2 ), Niacin ( B3 ), tembaga, zat besi dan mangan. kandungan Vitamin B12 yang ada di dalamnya menjadi istimewa karena jika kita Kekurangan Vitamin B12 bisa mengakibatkan penglihatan terganggu, depresi dan menurunnya kemampuan mental.
Kandungan gizinya lengkap sehingga spirulina dipilih sebagai makanan Astronout.

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa spirulina menjadi solusi kekurangan gizi/nutrisi dan menjadi makanan yang berfungsi untuk pengobatan.
Kandungan nutrisi spirulina yang cukup penting adalah : betakaroten, zeaxanthin dan phcocyanin, dimana senyawa-senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. “Spirulina mempunyai kekayaan antioksidan yang luar biasa untuk menetralisir radikal bebas.”
Zat besi pada spirulina 58 kali lebih banyak daripada bayam dan 18 kali lebih tinggi dari daging.

spirulina kaya akan protein. 70% kandungan proteinnya. Jumlah itu lebih tinggi dibandingkan sumber lain seperti daging hewan dan ikan yang mengandung 15-25% protein, ayam (24%), kedelai dan susu (35%), kacang-kacanga (25%) dan biji-bijian (25%).

 

Manfaat spirulina :

1. Mencegah kanker

Berdasarkan penelitian pada hewan percobaan (tikus),
spirulina telah menunjukkan adanya efek anti tumor.
Sebuah penelitian lainnya di Cina menemukan bahwa kombinasi spirulina dan selenium dapat membantu mencegah terjadinya kanker payudara.
para peneliti menemukan bahwa spirulina ternyata juga dapat membantu mencegah kekambuhan kanker hati (20-80%).

2. Membantu Melawan Infeksi

spirulina cukup efektif untuk melawan influenza, gondongan, campak, herpes simpleks, HIV, dan sebagainya. spirulina juga dapat menstimulasi produksi makrofag di dalam sistem kekebalan tubuh, yang berfungsi untuk menemukan dan membunuh berbagai patogen.

3. Menjaga kesehatan Pencernaan

Berdasarkan berbagai penelitian, spirulina dapat membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik seperti L. Acidophilus di dalam saluran pencernaan yang sangat baik untuk usus kita karena mengandung probiotik.

4. Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan

spirulina membantu mengurangi gejala berbagai gangguan pernapasan seperti asma dan rhinitis alergi. Konsumsi 1 gram spirulina setiap hari, dapat membantu meningkatkan fungsi paru pada seorang penderita asma bronkial.

spirulina dapat membantu menurunkan kadar sitokin dan menghambat pelepasan histamine pada seorang penderita rhinitis alergi.

5. Meningkatkan Kekuatan Sistem Kekebalan Tubuh/ Imun

spirulina dapat menstimulasi pembentukan berbagai antibodi pembunuh berbagai jenis patogen di dalam sistem kekebalan tubuh. Spirulina dapat melawan berbagai infeksi dan Berbagai penyakit kronik dengan cara meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh.

6. Melindungi Hati

spirulina dapat membantu melindungi hati dengan cara mengurangi peradangan pada hati, menghambat oksidasi lemak, dan memperlambat penumpukkan trigliserida di dalam hati. Spirulina juga dapat melindungi hati dari berbagai kerusakan akibat racun yang berasal dari logam berat seperti timah dan merkuri.

7. Mencegah Terjadinya Stroke

Pada berbagai penelitian terbukti spirulina memiliki efek neuroprotektif dan mungkin dapat membantu mencegah terjadinya stroke

Sebuah penelitian di Amerika menemukan bahwa pada hewan percobaan (tikus) yang menderita stroke dan diberi makan spirulina menunjukkan adanya penurunan kerusakan otak hingga 75%.

8. Membantu Menjaga Kesehatan Otak

Antioksidan di dalam spirulina dapat melawan stress oksidatif di dalam otak dan diduga dapat menurunkan resiko terjadinya Alzheimer, Parkinson, dan berbagai gangguan saraf lainnya.

Sangat baik untuk tumbuh kembang anak terutama saat golden age (sampai dengan 8 tahun).

Salah satu hasil penelitian menyebutkan bahwa pada usia 4 tahun kapasitas kecerdasan anak telah mencapai 50%. Seperti diungkapkan Direktur Pendidikan Anak Dini Usia (PADU), Dr. Gutama, kapasitas kecerdasan itu mencapai 80% di usia 8 tahun.

9. Menjaga Kesehatan Mata

Para peneliti menemukan bahwa spirulina mengandung betakaroten dan beberapa senyawa antioksidan yang dapat membantu mencegah terjadinya gangguan mata akibat penuaan seperti degenerasi makula dan katarak.

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Spirulina dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan berbagai cara. Spirulina dapat membantu memperbaiki profil lemak, mengatasi tekanan darah tinggi, dan meningkatkan elastisitas pembuluh darah. Selain itu, spirulina juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan tekanan darah.

11. Sangat baik untuk Pasien Diabetes

Berdasarkan berbagai penelitian, spirulina dapat membantu mengurangi peradangan sistemik di dalam tubuh, yang dapat mengurangi resiko terjadinya resistensi insulin.

 

yang saya sebutkan manfaatnya baru 11 saja, masih banyak manfaat lainnya bisa di cari di google. sudah banyak penelitian yang membuktikan secara ilmiah. Spirulina sudah banyak dimanfaatkan sebagai sumber nutrisi harian di negara seperti Amerika, spanyol, jepang dan negara maju lainnya. oleh karena itu sudah banyak penelitian yang terkait tentang spirulina. Tentunya Indonesia juga kaya akan spirulina dan mudah untuk dikembangkan di Indonesia sebagai sumber nutrisi pelengkap harian yang bisa menjadi obat. Jadi inilah nutrisi yang bertindak sebagai obat jika kita sakit. tentunya dikombinasikan dengan herbal lainnya agar lebih cepat dan efektif.

 

kandungan nutrisi spirulina

nutrisi spirulina

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *