12 HAL YANG PERLU WANITA KETAHUI SAAT HAMIL?

field, grass, mom

1. Apakah minyak dan lemak merupakan  makanan sehat?

Selama kehamilan, lemak yang Anda makan memberi energi dan membantu membangun  organ janin dan plasenta. Sebagian besar lemak dan minyak dalam makanan Anda harus berasal dari sumber tanaman seperti minyak zaitun, VCO, buah alpukat, kacang-kacangan, minyak ikan dan lain-lain.

2. Mengapa vitamin dan mineral penting dalam diet saya?

Vitamin dan mineral memainkan peran penting dalam semua fungsi tubuh Anda. Selama kehamilan, Anda membutuhkan lebih banyak asam folat dan zat besi daripada wanita yang tidak hamil.

3. Berapa dosis asam folat yang saya butuhkan setiap hari?

Asam folat adalah vitamin B yang penting bagi wanita sebelum dan selama hamil. Anda memerlukan 400 mikrogram asam folat setiap hari untuk membantu mencegah cacat lahir terutama otak bayi dan tulang belakang. Pedoman diet saat ini menyarankan agar ibu hamil mendapatkan setidaknya 600 mikrogram asam folat setiap hari dari semua sumber. Mungkin sulit untuk mendapatkan jumlah yang disarankan dari asam folat dari makanan saja. Untuk alasan ini, semua wanita hamil dan semua wanita yang akan hamil harus mengkonsumsi suplemen vitamin harian yang mengandung asam folat.

4.  Mengapa zat besi penting selama kehamilan dan berapa yang saya butuhkan setiap hari?

Besi digunakan oleh tubuh Anda untuk membuat  sel darah merah yang membawa oksigen ke organ dan jaringan tubuh Anda. Selama kehamilan, Anda memerlukan zat besi tambahan – sekitar dua kali lipat jumlah yang dibutuhkan oleh wanita yang tidak hamil. Tambahan zat besi  ini membantu tubuh Anda menghasilkan lebih banyak darah untuk memasok oksigen ke bayi Anda. Dosis zat besi yang direkomendasikan setiap hari selama kehamilan adalah 27 mg, yang banyak ditemukan pada suplemen vitamin. Anda juga bisa makan makanan kaya zat besi, termasuk daging merah tanpa lemak, unggas, ikan, kacang kering dan kacang polong, spirulina, kelor. Besi juga bisa diserap lebih mudah jika makanan kaya zat besi dimakan dengan makanan kaya vitamin C, seperti buah jeruk dan tomat.

5. Mengapa kalsium penting selama kehamilan dan berapa yang saya butuhkan setiap hari?

Kalsium digunakan untuk membangun tulang dan gigi bayi Anda. Semua wanita, termasuk wanita hamil, yang berusia 19 tahun ke atas harus mendapatkan 1.000 mg kalsium setiap hari; Mereka yang berusia 14-18 tahun harus mendapatkan 1.300 mg setiap hari. Susu dan produk susu lainnya, seperti keju dan yogurt, adalah sumber kalsium terbaik. Jika Anda kesulitan mencerna produk susu, Anda bisa mendapatkan kalsium dari sumber lain, seperti brokoli; sayuran berwarna hijau gelap; Sarden; atau suplemen kalsium.

6. Mengapa vitamin D penting selama kehamilan dan berapa yang saya butuhkan setiap hari?

Vitamin D bekerja dengan kalsium untuk membantu pertumbuhan dan tulang bayi. Hal ini juga penting untuk kesehatan kulit dan penglihatan. Semua wanita, termasuk mereka yang sedang hamil, membutuhkan 600 unit vitamin D sehari. Sumber yang baik adalah susu yang diperkaya dengan vitamin D dan ikan berlemak seperti salmon. Paparan sinar matahari juga mengubah zat kimia di kulit menjadi vitamin D.

7. Berapa berat badan yang harus saya dapatkan selama kehamilan?

  • Jumlah penambahan berat badan yang dianjurkan tergantung pada kesehatan dan indeks massa tubuh Anda sebelum Anda hamil.
  • Bagi ibu yang mempunyai berat badan kurang (underweight) sebelum hamil, yaitu yang mempunyai Indeks Massa Tubuh (IMT) kurang dari 18,5 kg/m2, disarankan untuk menaikkan berat badan sebesar 13-18 kg selama hamil.
  • Bagi ibu yang mempunyai berat badan normal sebelum hamil, yaitu yang mempunyai Indeks Massa Tubuh (IMT) antara 18,5-24,9 kg/m2, disarankan untuk menaikkan berat badan sebesar 11,5-16 kg selama hamil.
  • Bagi ibu yang mempunyai berat badan lebih (overweight) sebelum hamil, yaitu yang mempunyai Indeks Massa Tubuh (IMT) antara 25-29,9 kg/m2, disarankan untuk menaikkan berat badan sebesar 7-11,5 kg selama hamil.
  • Bagi ibu yang mengalami obesitas sebelum hamil, yaitu yang mempunyai Indeks Massa Tubuh (IMT) sebesar 30 kg/m2 atau lebih, disarankan untuk menaikkan berat badan sebesar 5-9 kg selama hamil.
  • Bagi ibu yang hamil anak kembar, disarankan untuk menaikkan berat badan sebesar 11,5-24,5 kg selama hamil.

8. Dapatkah kelebihan berat badan atau obesitas mempengaruhi kehamilan ?

Wanita gemuk dan gemuk mengalami peningkatan risiko beberapa masalah kehamilan. Masalah ini meliputi diabetes gestasional, tekanan darah tinggi, preeklamsia, kelahiran prematur, dan kelahiran sesar. Bayi yang kelebihan berat badan dan ibu obesitas juga berisiko lebih besar mengalami masalah tertentu, seperti cacat lahir, macrosomia dengan kemungkinan cedera lahir, dan obesitas masa kecil.

9. Bisakah kafein mempengaruhi kehamilan saya?

Meski sudah banyak penelitian mengenai apakah kafein meningkatkan risiko keguguran, hasilnya tidak jelas. Kebanyakan ahli menyatakan bahwa mengkonsumsi kurang dari 200 mg kafein (satu cangkir kopi 12 ons) per hari selama kehamilan aman.

10. Apa manfaat  ikan dalam makanan saya selama kehamilan?

Asam lemak omega-3 adalah sejenis lemak yang ditemukan secara alami pada berbagai jenis ikan. Merupakan faktor penting dalam perkembangan otak bayi Anda sebelum dan sesudah kelahiran. Untuk mendapatkan manfaat paling banyak dari asam lemak omega-3, wanita harus makan setidaknya dua porsi ikan (sekitar 8-12 ons) per minggu dan saat hamil atau menyusui.

10. Apa yang harus saya ketahui tentang makan ikan selama kehamilan?

Beberapa jenis ikan memiliki kadar logam yang lebih tinggi yang disebut merkuri daripada yang lain. Merkuri telah dikaitkan dengan cacat lahir. Untuk membatasi paparan merkuri Anda, Pilih ikan seperti udang, salmon, lele. Jangan makan ikan hiu, mackerel, atau kerang. Anda juga harus memperhatikan darimana ikan ditangkap.

11. Bagaimana keracunan makanan mempengaruhi kehamilan saya?

Keracunan makanan pada wanita hamil dapat menyebabkan masalah serius bagi dirinya dan bayinya. Muntah dan diare bisa menyebabkan tubuh Anda kehilangan terlalu banyak air dan bisa mengganggu keseimbangan kimiawi tubuh Anda. Untuk mencegah keracunan makanan, ikuti panduan umum ini:

Cuci makanan Bilas semua hasil mentah secara menyeluruh di bawah air keran yang mengalir sebelum makan, memotong, atau memasak.

Jaga agar dapur tetap bersih. Cuci tangan, pisau, meja, dan talenan setelah menangani dan menyiapkan makanan mentah.

Hindari semua makanan laut, telur, dan daging yang mentah dan setengah matang. Jangan makan sushi yang dibuat dengan ikan mentah (sushi yang dimasak aman). Makanan seperti daging sapi, atau unggas harus dimasak sampai matang

12. Apa itu listeriosis dan bagaimana pengaruhnya terhadap kehamilan saya?

Listeriosis adalah sejenis penyakit bawaan makanan yang disebabkan oleh bakteri. Wanita hamil 13 kali lebih mungkin untuk mendapatkan listeriosis daripada orang biasa. Listeriosis dapat menyebabkan gejala ringan seperti demam, sakit otot, dan diare, tapi juga tidak menimbulkan gejala. Listeriosis dapat menyebabkan keguguran, lahir mati, dan kelahiran prematur. Antibiotik dapat diberikan untuk mengobati infeksi dan melindungi bayi Anda yang belum lahir. Untuk membantu mencegah listeriosis, hindari mengonsumsi makanan berikut selama kehamilan: susu yang tidak dipasteurisasi, produk dari susu yang tidak dipasteurisasi, telur, seafood dan daging yang tidak matang.

Sumber:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *