20 MAKANAN INI MAMPU MENINGKATKAN JUMLAH SPERMA ANDA

Kualitas kesuburan pria ikut menentukan harapan dan peluang memiliki keturunan. Salah satu penentu kesuburan seorang laki-laki adalah kualitas sperma.

“Bahwa hanya yang terbaik dan terpilihlah yang akan menjadi janin untuk anak anda”

Tugas anda adalah menyiapkan pilihan terbaik artinya bila anda menginginkan kehamilan harus memberikan bibit terbaik untuk proses pembuahan

Berikut ini yang menentukan kualitas sperma:

1. Hitungan sperma (sperm count). Angka yang normal untuk ini adalah 200 juta per sentimeter kubik.

2. Kelincahan gerak (motilitas).
Jika sperma tidak bergerak, mereka tidak dapat sampai ke telur sehingga tidak terjadi pembuahan.

3. Morfologi. Tentang bentuk sperma anda. Bisa mikro (ukurannya terlalu kecil), bisa makro (dalam hal ini berarti terlalu besar). Ukuran yang diharapkan adalah sedang.

4. pH. Air mani harus bersifat agak basa 7,0 hingga 8,5.

5. Viskositas (kekentalan). Air mani harus mudah dituang.

6. Volume. Yang normal dalam hai ini adalah dua hingga lima sentimeter kubik (kira-kira 1/2 hingga 1 sendok teh).

sperma-kosong

Penyebab Jumlah Sperma Sedikit

A. Faktor Kesehatan

  1. Varikokel
    Terjadi pembengkakan pada pembuluh darah pada testis yang menyebabkan suhu pada testis terlalu tinggi sehingga jumlah sperma yang diproduksi sedikit dan gerakannya lambat.
  2. Infeksi
    Infeksi dapat mengganggu produksi dan kualitas sperma sehingga menghalangi perjalanan sperma menuju ovum. infeksi bisa karena adanya penyakit menular seksual seperti gonore, klamidia, prostatitis dan infeksi saluran kemih.
  3. Masalah ejakulasi
    Terkadang air mani (semen) memasuki kandung kemih saat orgasme dan bukan keluar melalui lubang di ujung kepala penis. Kondisi ini biasa disebut ejakulasi retrogade. Beberapa penyakit yang diderita bisa menyebabkan ejakulasi retrogade seperti diabetes, cedera tulang belakang dan operasi pada prostat. Jenis obat tertentu juga bisa menyebabkan ejakulasi retrogade seperti obat hipertensi alpha blockers.
  4. Antibody
    Terkadang tubuh salah mengidentifikasi sperma dan menyangka sebagai musuh. Sistem antibody akan berusaha menghancurkan sperma yang diproduksi menyebabkan jumlah sperma yang dihasilkan sangat sedikit atau tidak berkualitas.
  5. Tumor
    Adanya kanker dan tumor berpengaruh terhadap organ reproduksi pria secara langsung setidaknya akan mempengaruhi kelenjar hipofisis yang memproduksi hormon yang berhubungan dengan sistem reproduksi. Radiasi dan kemoterapi juga dapat mempengaruhi kualitas sperma dan kesuburan pria.
  6. Ketidakseimbangan hormon
    Terjadinya perubahan pada hormon serta sistem pada tiroid dan adrenal akan merusak produksi sperma.
  7. Saluran sperma rusak
    Tabung yang membawa sperma bisa rusak akibat penyakit atau cedera. Beberapa pria sejak lahir mengalami penyumbatan pada saluran testis yang menyimpan sperma atau penyumbatan pada salah satu tabung yang membawa sperma keluar dari  testis (vas deferens).
  8. Kromosom cacat
    Secara genetik pria kemungkinan membawa kelainan seperti sindrom klinefelter (pria membawa dua kromosom X dan satu kromosom Y, seharusnya satu X dan satu Y) yang menyebabkan terjadinya perkembangan abnormal pada organ reproduksi.
  9. Obat
    Beberapa jenis pengobatan berpengaruh terhadap jumlah dan kualitas sperma yang dihasilkan. Terapi penggantian testosteron, penggunaan steroid anabolik dalam kurun waktu yang lama, obat kanker, obat anti jamur dan beberapa obat lain dapat mengganggu produksi sperma dan menurunkan jumlah sperma.

B. Faktor Lingkungan 

  1. Industri kimia
    Beberapa zat kimia seperti pestisida, herbisida, benzena, toluena, pelarut organik dapat menyebabkan jumlah sperma yang diproduksi sangat sedikit.
  2. Paparan logam berat dan radiasi sinar X
    Paparan radiasi seperti radiasi ponsel dan wifi dapat mempengaruhi sistem reproduksi pria dan mengurangi produksi sperma.
  3. Suhu testis terlalu panas
    Mandi air panas atau sauna dapat menurunkan jumlah sperma. Duduk terlalu lama, memangku laptop dan mengenakan celana ketat juga akan menaikkkan suhu pada testis dan membuat jumlah sperma yang diproduksi sedikit.
  4. Naik sepeda terlalu lama
    Bersepeda terlalu lama menyebabkan syaraf pada daerah sekitar testis tertekan dan menimbukan panas sehingga produksi serma sedikit.

C. Gaya Hidup Tidak Sehat Penyebab Jumlah Sperma Sedikit

Gaya hidup tidak sehat, pola makan tidak teratur, kurang istirahat dan kurang olahraga menyebabkan tubuh tertekan sehingga mengganggu metabolisme tubuh. Salah satu akibatnya adalah jumlah spema yang diproduksi sedikit dan tidak berkualitas.

  1. Narkoba
    Steroid anabolik untuk merangsang kekuatan otot dan pertumbuhan dapat menyebabkan testis menyusut dan produksi sperma berkurang. Penggunaan kokain dan ganja juga dapat menurunkan jumlah sperma.
  2. Alkohol
    Minum alkohol dapat menurunkan kadar testosteron dan menyebabkan produksi sperma berkurang
  3. Makanan tidak sehat
    Mengkonsumsi makanan tertentu seperti junk food selama bertahun-tahun akan mempengaruhi kesuburan pria dan dapat memicu terjadinya kemandulan.
  4. Pekerjaan
    Beberapa pekerjaan tertentu berisiko meningkatkan masalah ketidaksuburan seperti penggunaan komputer, kerja di malam hari dan apa-apa saja yang menyebabkan timbulnya stres.
  5. Kegemukan
    Obesitas menurunkan hormon dan mengurangi kesuburan pria.

MAKANAN YANG MAMPU MENINGKATKAN KESEBURUAN DAN KUALITAS SPERMA

  1. Tiram (Kerang)

Sumber terbaik dari Zink yang membantu dalam produksi sperma. Selain itu, juga sebagai afrodisiaka (peningkat gairah seksual)

  1. Telur

Sangat baik untuk meningkatkan jumlah sperma serta meningkatkan motilitasnya karena tinggi vitamin E dan protein. Makan telur melindungi sel sperma dari radikal bebas yang dapat menurunkan jumlahnya.

  1. Biji Labu

Tinggi Zink untuk pengembangan sperma dan produksi testosterone

  1. Bayam

Sumber asam folat yang sangat penting bagi perkembangan sperma yang sehat. Ketika kadar asam folat rendah, ada kemungkinan besar akan menghasilkan cacat sperma, yang menyebabkan sperma sulit dan lama mencapai sel telur dan menembus dinding penghalang. Selanjutnya, ada kesempatan lebih besar untuk cacat lahir karena rusak sperma kelainan kromosom.

  1. Ginseng

Afrodisiaka yang telah digunakan untuk mengobati infertilitas selama ratusan tahun. Meningkatkan hormone testosterone dan meningkatkan aliran darah ke alat kelamin.

  1. Pisang

Pisah mengandung vitamin A, B1 dan C yang membantu tubuh anda memproduksi sperma lebih sehat serta meningkatkan produktivitas sperma anda. Pisang juga mengandung enzim langka yang disebut bromelain yang merupakan antiradang alami. Enzim membantu meningkatkan jumlah sperma dan motilitas

  1. Dark Chocolate

Sangat bagus untuk jumlah sperma karena mengandung asam amino L-Arginin HCl yang dikenal meningkatkan volume air mani dan jumlah sperma. Ini juga meningkatkan intensitas orgasme.

  1. Billberry

Mengandung antioksidan kuat untuk melindungi sperma dari kerusakan. Serta mengandung serat yang tinggi

  1. Kacang-kacangan

Kacang kaya akan lemak sehat dan membuat kualitas air mani meningkat.Setiap kacang memiliki nutrisi yang berbeda. Kenari tinggi omega-3, kacang brazil merupakan sumber selenium dan almond tinggi vitamin E. Makan kacang-kacangan akan meningkatkan kesuburuan.

  1. Oats

Tinggi serat, dapat membantu mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesuburan

  1. Delima Merah

Buah super lezat dikenal sebagai makanan yang ampuh untuk meningkatkan jumlah sperma dan kualitas air mani karena tinggi antioksidan yang melawan radikal bebas dalam aliran darah. Radikal bebas dapat merusak sperma dan secara signifikan menurunkan jumlah sperma anda. Jua buah delima telah dicatat sepanjang sejarah digunakan sebagai kesuburan.

  1. Brokoli

Sumber asam folat. Hal ini penting untuk kesuburan pria. Menurut sebuah penelitian, pria yang mengkonsumsi brokoli rutin meningkat jumlah sperma sebanyak 70%.

  1. Jamur

Jamur bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan jantung. Mengandung 15 vitamin yang berbeda, mineral dan antioksidan yang bagus untuk kesehatan anda dan sperma.

  1. Asparagus

Makanan yang membantu dalam meningkatkan jumlah sperma. Ini adalah vitamin C super tinggi dan baik bagi sperma. Melindungi sel-sel testis melawan radikal bebas sehingga mampu menghasilkan sperma yang sehat dan kuat.

  1. Ubi Jalar

Sumber alami tersebdar vitamin A, antioksidan kuat yang telah terkait dengan produksi sperma

  1. Bawang putih

Bawang putih untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini kaya vitamin B6 dan selenium yang keduanya memainkan peran penting dalam sperma yang sehat. Selain itu, bawang putih membersihkan arteri dan memungkinan untuk aliran darah yang lebih baik untuk testis anda.

  1. Goji berries

Digunakan untuk meningkatkan stamina dan mood. Selain itu, menjaga suhu di skrotum pada tingkat optimal. Skrotum berisi testis yang memproduksi sperma. Suhu yang lebih tinggi cenderung menghambat produksi sperma dan menurunkan volume cairan pada ejakulasi pria.

Mereka juga membantu dalam meningkatkan produksi sperma dengan meningkatkan sirkulasi darah dan melindungi terhadap radikal bebas.

  1. Alpukat

Mengandung lemak sehat yang membuat lezat bagi anda. Mereka tinggi folat, vitamin E, vitamin C yang sangat membantu untuk replikasi DNA dan untuk membantu sel sperma berenang

  1. Wortel

Vitamin A adalah nutrisi untuk meningkatkan produksi sperma serta meningkatkan motilitas

  1. Tomat

Antioksidan yang mendukung kesehatam reproduksi. Mereka dapat membantu meningkatkan jumlah, motilitas dan morfologi sperma. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, gunakan seluruh tomat termasuk kulit.

NUTRISI TERBAIK UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH SPERMA ADALAH NEOALGA SPIRULINA

neoalga spirulina

Berikut hasil penampakan sperma setelah konsumsi neoalga spirulina selama 14 hari

 

Salah satu cara untuk memperbaiki sperma adalah dengan mengkonsumsi neoalga spirulina 🌿
✅ Selenium : mencegah oksidasi sperma sekaligus mengontrol siklus menstruasi pada reproduksi

✅ Vitamin B12, vitamin E, Zinc : mampu meningkatkan kualitas sperma

✅ Vitamin B6, zat besi : mampu meningkatkan kesuburan dan siklus menstruasi

✅ Kalsium : meningkatkan pH tubuh sehingga terjadi pembuahan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *