Apa saja sumber nutrisi yang baik dan Aman?

Untuk sehat dibutuhkan :
1. Gizi yang cukup
2. Istirahat yang cukup
3. Mental, rohani, dan sosial yang seimbang
4. Olah raga teratur
5. Lingkungan sekitar (air, polusi, dll)
Apabila ke-5 faktor itu tidak seimbang maka tubuh kita akan tidak sehat. Jadi untuk sehat tidak cukup hanya dengan salah satu faktor saja.

 

Mengapa orang yang sakit flu, dengan obat yang sama ada yang sembuh dalam 3 hari ada juga yang sembuh setelah 1-2 pekan?

Jadi apa faktor utama dalam kesembuhan?

Dalam kasus ini obat hanya berfungsi membantu pasien supaya dapat beristirahat dengan baik, tapi faktor pemulihan sel yang sakit (regenerasi sel) lebih penting.

Apakah regenerasi sel itu?

Proses yang terjadi dalam tubuh manusia saat sakit, sel mengalami kerusakan. untuk mengalami kesembuhan dibutuhkan perbaikan sel. Regenerasi sel akan terjadi SAAT TUBUH ISTIRAHAT dan TERSEDIANYA GIZI YANG DIBUTUHKAN UNTUK PERBAIKAN

Jadi kedua faktor yang dibutuhkan dalam proses penyembuhan adalah ISTIRAHAT dan ZAT GIZI.

Namun sekarang kita berada di era yang serba instan. Untuk memenuhi zat gizi itupun TIDAK MUDAH.

Contoh : bangun pagi sudah makan mie instan, siang makan bakso, Malamnya makan fast food seperti fried chicken, dll.

Sehingga untuk memenuhi zat gizi dalam tubuh, kita perlu makanan yang sehat dan memberikan kecukupan nutrisi.

 

Salah satu nutrisi itu ada pada produk hasil lebah. Ternyata Allah telah mengaruniakan kepada kita makanan kesehatan seperti madu, royal jelly, bee pollen dan propolis.
kita sudah sering mendengar dan membaca tentang manfaat madu. malam ini kita akan bahas tentang manfaat propolis. Karena selain mengandung antioksidan, propolis juga memiliki sejumlah manfaat untuk pengobatan. Dan sudah diteliti secara ilmiah.

 

Propolis granule in glass jar on rustic wooden background

Apa itu Bee Propolis?

Bee Propolis berasal dari kata Bee : lebah , pro : sebelum, Polis: kota.
Jadi kalau digabung artinya sebelum masuk kota (sarang lebah). Perlu diketahui kalau satu sarang lebah mengandung koloni yang sangat banyak jumlahnya sehingga diibaratkan seperti sebuah kota.

Propolis merupakan produk lebah yang digunakan untuk melindungi sarang lebah dari luar agar terhindar dari bahaya dan senantiasa bersih dan steril karena didalam sarang mengandung koloni larva lebah madu sehingga dijaga lebah agar telur dapat menetas dan berkembang sempurna.

 

Beberapa Hasil Penelitian yang sudah dipublikasikan terkait Propolis

Menurut penelitian di USA Propolis berpotensi meningkatkan kekebalan tubuh melawan virus HIV dan menghambat 85% ekspresi gen virus HIV

Penelitian dari bagian Fakultas Kedokteran UGM menunjukkan bahwa secara invivo Propolis mempunyai efek sitotoksik terhadap sel kanker.

Penelitian dari Prof.Aznanlelo dari USU juga memberikan hasil bahwa propolis sangat efektif untuk pengobatan keradangan liver karena mempunyai sifat hepatoprotektif dan dari berbagai makanan kesehatan seperti bawang putih, minyak ikan, buah merah, coconut oil, yang tertinggi adalah Propolis.

Dr. Agard dari Denmark melaui bukunya PROPOLIS, Natural Substance: The way of Health, menyatakan propolis membantu meningkatkan regulasi hormon dalam tubuh dan merupakan substansi antibiotika alami yang merangsang daya tahan tubuh.

 

Agar manfaat yang didapat sesuai dengan hasil penelitian, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam konsumsi propolis.

1. berbeda sumber yang diambil akan berbeda kualitasnya.
2. teknologi pemrosesan nya. Selama pemrosesan akan ada zat penting yang hilang sehingga aktivitasnya menurun. Pilihlah propolis yang aktivitas biologisnya tetap tinggi dengan teknologi yang baik.
3. Pilih propolis yang sudah dimurnikan dan berbagai pengotornya sudah dihilangkan sehingga propolis kita aman untuk dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *