PENTINGKAH ASAM FOLAT UNTUK PROGRAM HAMIL?

Hasil gambar untuk asam folat
Asam folat lebih familiar bagi wanita yang akan dan sedang hamil. Apa sebenarnya asam folat?
Saya kutip dari Info POM, asam Folat merupakan salah satu dari kelompok vitamin B, merupakan zat yang larut dalam air dan cepat rusak bila terpapar panas. Nama folat berasal dari bahasa latin Folium (artinya daun) yang umumnya mengandung banyak zat folat.

Sumber asam folat dapat ditemukan pada sayuran hijau seperti bayam, brokoli, pok coy, asparagus. Saat ini juga sudah tersedia dalam bentuk suplemen.

Asam folat penting dalam pembentukan sel-sel baru dan pemeliharaan sel, khususnya dalam kehamilan, karena pada masa itu terjadi pertumbuhan sel-sel baru dengan sangat pesat. Asam folat sangat penting terutama pada masa-masa awal kehamilan yaitu dalam replikasi sel, karena pada masa itu sistem saraf bayi sedang terbentuk. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan janin dan jika keadaan semakin buruk dapat menyebabkan gangguan penutupan tabung saraf. Asam folat akan mencegah terjadinya cacat bawaan seperti cacat tabung syaraf (Neural Tube Defects), spina bifida, anenchepaly.

Kekurangan asam folat terutama menyebabkan gangguan metabolisme DNA. Akibatnya terjadi perubahan dalam morfologi inti sel terutama sel-sel yang sangat cepat membelah, seperti sel darah merah, sel darah putih serta sel-sel epitel lambung dan usus, vagina dan serviks rahim.

Kurangnya konsumsi folat terutama terjadi pada masyarakat yang tidak dapat memperoleh makanan kaya asam folat secara teratur, atau pada manula yang makanannya terbatas. Kebutuhan akan asam folat meningkat pada keadaan kehamilan, menyusui, anemia hemolitik dan leukemia.

Asam folat menjadi suplemen yang penting bagi wanita yang menjalankan program hamil atau sedang hamil. Ketika melakukan program hamil, karena kurang lebih 50% kehamilan terjadi tanpa direncanakan. PENTING bagi wanita untuk mulai mengkonsumsi asam folat sejak mulai program hamil untuk membantu mendukung perkembangan otak dan tulang belakang bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *